Home > docs, edufiesta, etc > Acer Education Fiesta – Kompetisi Blog Elearning Acer – Intel Learning Forum

Acer Education Fiesta – Kompetisi Blog Elearning Acer – Intel Learning Forum


Hari ini saya (baca: penulis) bertemu dengan dosen untuk menyelesaikan Tugas yang belum selesai. Begitu bertemu dengan beliau, penulis kaget disodori sebuah brosur yang bertuliskan Acer elearning.

Menarik untuk dibaca dan dinikmati. Sebuah teknologi yang sedang berkembang pesat sampai hari ini yaitu teknologi komunikasi dan digital yang sangat-sangat mendukung dan mempengaruhi teknologi informasi.

Setelah membaca ketentuan dan syarat, penulis mempunyai tanda tanya. Karena yang disampaikan sepertinya kurang jelas. Bagaimana yang dinilai dari sisi blognya:

Konten atau isi

Disini konten atau isi terlihat rancu.

4. Seluruh isi postingan yang dikompetisikan merupakan hasil karya asli atau original dari sang blogger.

5. ….. mengenai penerapan e-learning di Indonesia (mahasiswa) atau merupakan content e-learning dalam penerapan syllabus perkuliahan (dosen) ……

boleh saya simpulkan bahwa apakah postingan itu berarti hanya membicarakan masalah penerapan elearning? . jadi bukan isi pokok elarning itu sendiri ?

Kita tentu sudah tahu apa manfaat dan kegunaan elearning itu. Namun penerapannya di indonesia masih sangat minim. Bahkan, media elearning sendiri kadang menjadi salah kaprah atau beralih fungsi di satu kampus. Namun juga tentunya itu bukan tolak ukur untuk semua kampus. Elearning sendiri tidak akan berhasil mencapai tujuan jika tidak ada kerja sama antara pengajar (dosen, guru) dengan siswa (mahasiswa, pelajar). Jadi jika keduanya tidak bisa bekerja sama elearning tidak akan tercapai.

Disisi lain, perkembangan blog yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu, kini sudah menjamur dikalangan siswa maupun pengajar. Dan media blog tersebut sudah dapat dikategorikan sebagai wadah elearning. Akan tetapi, menurut penulis ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan elearning berbasis blog:

1. Elearning berbasis blog harus mempunyai arah dan tujuan yang jelas.

Maksud arah dan tujuan yang jelas disini adalah dilihat dari isi atau kontennya. Seperti hal nya sebuah website. Ada ratusan, bahkan ratusan ribu website yang ada didunia maya ini. Tapi kenapa yang dikenal hanya Google ? Friendster ? Yahoo ??. Karena mereka mempunyai konsep yang jelas !. Google sebagai mesin pencari website atau search engine. Friendster dikenal sebagai Jejaring Sosial atau Network Society yang kemudian muncul-muncul website jejaring-jejaring lainnya seperti myspace, multiply, flickr, dan lain-lain. Lalu Yahoo yang mempunyai konsep awal sebagai web mail. Bahkan, menurut penulis rata-rata pengguna internet diindonesia ketika pertama kali mendaftar sebuah email pasti di Yahoo.

2. Continued

Continued atau pengembangan secara terus untuk menghasilkan sesuatu yang maksimal.

Teknologi yang sudah ada sampai saat ini merupakan evolusi dari teknologi yang sudah ada. Dimulai dari rangkaian mekanik (mesin penghitung), lalu berevolusi ke rangkaian elektronik yang masih berupa analog, kemudian ke mesin digital. Dan Teknologi Komunikasi pun dibarengi dengan berkembangnya teknologi digital.

Melihat dari hal yang saya paparkan diatas tentunya sudah sangatlah jelas. Jika sesuatu hal tidak dikembangkan secara terus menerus. Maka akan semakin terpinggirkan. Bisa dilihat sekarang situs-situs jejaring sosial yang semakin banyak. Tapi dari website-website yang ada tersebut mempunyai soul atau jiwa yang berbeda. Contoh: multiply yang dikenal dengan jejaring tempat menyimpan koleksi musik, flickr dengan koleksi photo, friendster tentunya dengan jejaringnya yang user friendly ketika mengakses profil orang lain, atau youtube dengan video nya yang sukses besar.

Dari hal tersebut bisa dilihat bahwa sebuah website mempunyai soul setelah memfokuskan konsep yang jelas. Hal tersebut juga mengakibatkan seorang user bisa memiliki account disemua website tersebut. Akibatnya persaingan antara website populer yang satu dengan yang lain akan semakin panas. Hal ini bisa dibuktikan dengan makin banyaknya aplikasi yang berkembang didalam website itu sendiri. Jadi tidak heran, jika semua website tersebut rata-rata memiliki fasilitas jaringan antar teman, blog, photo, musik, video, dan lain-lain. Karena sebuah website menginginkan agar user betah singgah di website itu sendiri dan bisa melayani user secara maksimal dengan fitur-fitur tambahan. Nah, fitur-fitur tambahan inilah yang dinamakan pengembangan.

3. Bandwith yang memadai.

Sebenarnya, yang ketiga atau yang terakhir ini adalah yang paling vital. Mengapa ? karena ICT sendiri tidak akan berjalan jika bandwith yang digunakan sangat kecil. Suatu hal yang tragis terhadap monopoli bandwith di negara kita ini dengan bandwithnya yang kecil. Bagaimna mungkin, sebuah ICT akan tercipta atau berhasil jika bandwith yang digunakan sangat kecil.

Jadi kesimpulan yang dapat diambil adalah elearning sendiri harus berkembang secara continue dengan fasilitas yang memadai seperti bandwith sehingga tidak membuat bosan user dan lelah menunggu akses internet yang lama. Selain itu pemanfaatan konten juga harus fokus dalam satu tujuan dan asas tepat guna.

Sampai saat ini mungkin anda sudah tidak asing lagi mendengar kata elearning. Tapi bagaimana dengan mlearning ??. :mrgreen: . Dan itu pasti mau tidak mau elearning pada suatu hari nanti akan menjadi sebuah hal yang biasa ketik didengar telinga kita. Karena sebuah teknologi yang sedang berkembang di luar negeri saat ini adalah mlearning. Mlearning sendiri masih dalam penelitian. seperti Abilene Christian University yang bekerja sama dengan Apple dengan myACU nya, lalu elibera dan masih banyak yang lainnya.

Didalam negeri sendiri baru ada satu universitas yang memiliki mlearning (mobile learning) yaitu ITB dengan Ganesha Mobile Learning (GML) ITB.

Aneh bagi penulis karena sejak awal dan baru kali ini memposting yang agak berbeda dan mempunyai tujuan yang berbeda pula. Mengapa dikatakan aneh ?? Karena sejak awal penulis berusaha tetap eksis dan aktif untuk menulis dalam bidang Gnu/Linux. Bisa dikatakan blog ini adalah representasi ” Penerapan Gnu/Linux sebagai model Open Source dalam Sistem Teknologi Informasi “. Jadi bisa juga dapat digunakan sebagai pembelajaran secara elektronik dengan Gnu/Linux dan Open Source sebagai objek dan Teknologi Informasi sebagai medianya.

Jadi, semoga Acer sukses, berhasil dan tetap eksis untuk mengembangkan elearning di Negara Kita Tercinta. Amin..

Salam

deanet

referensi:

1. wikipedia id

2. Apple inc

3. Elibera

4. www.acu.edu

keywords: acer, education, elearning, blog, learning, competition, blogging, blogger

Advertisements
Categories: docs, edufiesta, etc
  1. July 20, 2008 at 2:55 am

    wah sebagai praktisi anda bener teliti menganalisanya, makasih atas wacananya 🙂

  2. Muhammad Haris
    July 20, 2008 at 2:26 pm

    salam kenal…

  3. July 21, 2008 at 3:22 am

    wah mo ikut kompetisi neh critanya

    hihi

  4. July 21, 2008 at 8:06 am

    @Bhima terima kasih .. 🙂

    @Muhammad lam knal juga 😉

    @dobelden kek na iya …. tapi koq kurang mod ya … :mrgreen: … lebih enakan posting problem solving ku sndri 😆 …

  5. July 21, 2008 at 8:24 am

    control + P keluarnya ngeprint 😀

  6. July 21, 2008 at 11:19 am

    id ym nya sama dengan id blog ku 😀

    seragam soal e 😀

  7. August 5, 2008 at 11:06 am

    jd lombanya sungguhan atau gemana ya.. 🙂

  8. Flinnancy
    December 2, 2008 at 12:13 am

    Hi. I repeatedly be familiar with this forum. This is the oldest together unequivocal to ask a ridiculous.
    How numberless in this forum are references progressive behind, disingenuous users?
    Can I worthiness all the advice that there is?

  9. supri
    January 8, 2009 at 5:16 am

    mlearning di indonesia selain GMLnya ITB juga udah dikembangkan di PPPPTK yogya. coba deh http://p4tkmatematika.org/m/

  10. January 8, 2009 at 8:21 pm

    wuih mantep tuh … bisa tambah referensi utnuk mobile learning … terima kasih mas linkna … 🙂

  11. November 14, 2009 at 10:06 pm

    mengapa indonesia tak pernah maju……..

    • November 14, 2009 at 10:56 pm

      karena org indonesia tidak mau bersatu, manut wudel e dewe2..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s