Home > docs, GNU/Linux, old post, tips > cara mudah belajar dengan editor vi

cara mudah belajar dengan editor vi


cover.jpg

Editor vi?, opo kui ??? Editor salah sawijining editor ingkang wonten ing linux konsole. Halah … pernah denger ato ngeliat teman lu sedang gunain editor vi??. Editor vi secara prinsip dan cara kerjana adalah sama denganeditor di MS-DOS. Bila di MS-DOS kita bisa mengetikkan EDIT, maka di editor vi kita bisa mengetikan perintah dengan vi nama_file atau kita bs jg membuat file secara langsung dengan mengetikkan perintah vi file_baru. Untuk lebih jelasnya silahkan lu liat command vi berikut :

command : keterangan :
vi nama_file utk mengedit file *
vi file_baru utk membuat file_baru *
a untuk Insert karakter (menulis)
shift + R untuk Replace karakter
:help untuk menampilkan bantuan perintah
:q untuk keluar dari editor vi
:w untuk menyimpan file
:w testaja Untuk menyimpan dg nama file testaja
:wq untuk menyimpan dan keluar dr editor vi
:e nama_file untuk membuka nama_file
:q! untuk keluar tanpa menyimpan

Dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelas dan details silahkan lu liat sendiri di command bantuannya denganmengetikan perintah :help setelah lu udah masuk dalam editor vi. Cos gw juga ndak hapal semua command2 vi. Pada awalnya memang membingungkan dan membuat gw pusing tujuh keliling + strezz melihat editor yg aneh ini. Mana yg ketikan keyboard ga muncul, malah menampilkan kata-kata Cannot make Changes, “Modifiable” is off. Tetapi setelah menemukan command2 yg unik dari hasil perintah :help , membuat gw kecanduan dg editor asing tersebut. Oiya .. satu lagi , utk mnghapus karakter atau huruf pada saat perintah a digunakan, tekan tombol del atau backspace. Sperti di windows itu loh …….!!. Maklum, dari kecil saya d besarkan di lingkungan windows. Nah .. klo GUI di KDE mungkin jika komp kita pas2an, kita bisa gunain FLUXBOX desktop. Cos kompi gw juga pas2an, makanya judul diatas ditambahin dg FLUXBOX.

Lu juga bisa mencoba editor laennya seperti midnight commander. Tool yg satu ini tool kesukaan gw 🙂 , tetapi editor ini tidak seperti editor vi. Cos editor ini juga bisa untuk copy n backup data seperti di Norton Commander. Makanya gw lebih suka menyebut editor tersebut dengan tool. poko nya TOP BGT DEH !!!.

Okeehh .. selamat mencoba dg editor vi

* perintah mengedit file / membuat file_baru perintah nya emang mirip.
Logika nya jika nama_file yg di edit tidak ada, maka editor vi akan menggunakan nama_file tersebut sebagai file_baru

regards
deanet

keyword : vi, editor, command, konsole, pico, manual, dos, linux

Advertisements
Categories: docs, GNU/Linux, old post, tips
  1. June 22, 2007 at 8:55 pm

    Ya, vi merupakan salah satu powerfull editor di UNIX. Tapi gak selalu kugunakan karena emang rada-rada susah dan gak pernah ngapalin fitur dan cara kerjanya sih… 😛
    Kebiasaan juga pake editor Midnight Commander..

  2. June 22, 2007 at 10:01 pm

    haha … enak koq broo …

    u -> undo
    /text -> cari kata text
    / -> utk kata selanjutnya ….

    wahh .. pokoknya masih byk deh … 😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s